Minggu, 20 Oktober 2013

PKn KELAS 6 SEMESTER 1

NILAI KEBERSAMAAN DALAM PROSES PERUMUSAN PANCASILA

Sejak dahulu bangsa Indonesia dalam menyelesaikan suatu masalah yang menyangkut kepentingan orang banyak selalu dengan cara musyawarah mufakat. Tujuan musyawarah adalah untuk mencapai mufakat. Arti mufakat, adalah kesepakatan bersama. Dalam kehidupan sehari-hari, kadang-kadang terjadi perbedaan pendapat. Perbedaan adalah sesuatu yang wajar karena setiap orang mempunyai pandangan, pendapat, dan kepentingan sendiri dalam memutuskan suatu masalah. Demikian juga dalam bermusyawarah pasti muncul perbedaan pendapat.
 Perbedaan pendapat tidak perlu dipertentangkan, tetapi perlu dicarikan jalan ke luar. Tujuannya agar perbedaan pendapat tersebut dapat disatukan menjadi mufakat. Menyatukan berbagai pendapat bukan pekerjaan yang mudah. Untuk itu, diperlukan keikhlasan, kebersamaan, tidak mementingkan kepentingan diri, serta tidak mementingkan kepentingan kelompok atau golongan. Apabila semua orang mempunyai kesadaran seperti itu, musyawarah mufakat akan dengan mudah dicapai.
 Tokoh-tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia merdeka sudah memberi contoh tentang pelaksanaan musyawarah untuk mencapai mufakat. Misalnya, ditunjukkan pada peristiwa siding PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945. Masih ingatkah kamu apa yang dilakukan Bung Hatta dengan tokoh-tokoh Islam dalam menanggapi keberatan pemeluk agama lain tentang rumusan sila pertama Pancasila?
 Dengan semangat kebersamaan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, Bung Hatta dan tokoh-tokoh Islam menyetujui kalimat yang menjadi keberatan pemeluk agama lain untuk dihilangkan. Hal ini menunjukkan bahwa tokoh-tokoh tersebut menjunjung tinggi nilai kebersamaan demi untuk menjaga persatuan bangsa dan negara. Selain itu, para negarawan itu lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan. Sikap seperti itu perlu kita contoh dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.




LATIHAN SOAL 





Isi titik-titik berikut ini pada buku tulismu!
1.    Apakah tujuan musyawarah?
2.   Apakah arti dari mufakat?
3.   Tokoh-tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia merdeka sudah memberi contoh tentang apa?
4.   Apakah yang dimaksud dengan perbedaan dalam suatu permasalahan?
5.   Apakah tujuan perbedaan tersebut?



















KUNCI JAWABAN 






1.     Apakah tujuan musyawarah?
Tujuan musyawarah adalah untuk mencapai mufakat

2.   Apakah arti dari mufakat?
Arti mufakat adalah kesepakatan bersama

3.   Tokoh-tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia merdeka sudah memberi contoh tentang apa?
memberi contoh tentang pelaksanaan musyawarah untuk mencapai mufakat.
4.   Apakah yang dimaksud dengan perbedaan dalam suatu permasalahan?
Perbedaan adalah sesuatu yang wajar karena setiap orang mempunyai pandangan, pendapat, dan kepentingan sendiri dalam memutuskan suatu masalah
5.   Apakah tujuan perbedaan tersebut?
Tujuannya agar perbedaan pendapat tersebut dapat disatukan menjadi mufakat.


Pedoman penilaian:
  1. Masing skor 20
  2. Jumlah nilai maksimal 5x20 = 100




Tidak ada komentar:

Posting Komentar